BLOG Jababeka Residence

Blog

Smart Township Jababeka Bertaraf Internasional di Koridor Timur Jakarta

Rumahbekasi.id, BekasiPerkembangan Koridor Timur Jakarta semakin tahun semakin pesat. Berbagai infrastruktur transportasi dibangun di koridor timur untuk memudahkan koneksi mobilitas antara Jakarta dan Jawa Barat. Salah satu proyek nasional yang melewati koridor timur adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Koridor Timur Jakarta yang menjadi simpul koneksi antara Jawa Barat dan Jakarta menjadikan posisi Koridor Timur Jakarta seperti Bekasi dan Cikarang memegang posisi yang strategis. Apalagi dengan proyeksi Bekasi Kota Metropolis menjadikan Koridor Timur Jakarta sebagai salah satu kawasan terpenting.

Oleh karena itu, Koridor Timur Jakarta terus menjelma menjadi lokasi investasi properti yang sangat menarik. Mudahnya sarana transportasi, dukungan utilitas publik yang lengkap, dan pengembang kawasan yang pesat menjadikan koridor timur sebagai lokasi favorit hunian masyarakat yang mencari rumah dekat dengan Ibu Kota Jakarta.

Oleh karena itu, Jababeka Residence hadir untuk menciptakan lingkungan hidup terbaik yang berlokasi di Koridor Timur Jakarta. Jababeka Residence adalah kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat kota Jakarta dan menjadi pusat perekonomian di Koridor Timur Jakarta. Kota Jababeka hadir sebagai solusi destinasi hunian, bisnis dan investasi terbaik di koridor Timur Jakarta. Kota Jababeka dengan luas 5600 HA telah menjadi tempat berbisnis bagi lebih dari 2000 perusahaan nasional dan multinasional yang berasal dari 30 negara dengan jumlah pekerja mencapai satu juta jiwa serta jumlah populasi mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa.

Tidak hanya itu saja, Jababeka juga tengah berbenah untuk mempersiapkan diri menjadi hunian dengan konsep Smart Township bertaraf Internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, PT Graha Buana Cikarang, salah satu anak usaha PT. Jababeka Tbk telah menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan Smart City serta Urban Development dengan Hong Kong Smart City Consortium yang dilakukan secara daring – 30 November 2020 dalam Belt and Road Summit 2020.

Nah apa saja keunggulan dan kelebihan smart township bertaraf Internasional dari Jababeka Residence ini? Simak selengkapnya di sini.

Menjawab Perkembangan Tren Industri 4.0

Jababeka merupakan sebuah Kota Mandiri yang menjadi pusat industri terbesar di Koridor Timur Jakarta. Kota yang dijuluki sebagai Silicon Valley Indonesia ini telah dihuni oleh lebih dari 2000 perusahaan Nasional dan Multinasional. Kawasan Industri yang pesat selalu membutuhkan kemajuan yang pesat di bidang teknologi. Oleh karena itu, Jababeka terus bertransformasi untuk memberikan pelayanan dengan teknologi terkini. Salah satunya adalah dengan pengembangan konsep smart township bertaraf Internasional.

konsep ini akan diterapkan dalam pengembangan kota Jababeka yang memang telah dirancang dan siap menyambut era Internet of Thing (IOT), Artificial Intelligent dan Industry 4.0. Jababeka meyakini dengan penerapan konsep inovatif ini dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kota secara efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan pelayanan publik dengan lebih baik dengan dukungan teknologi terkini.

Perkembangan kawasan yang sesuai dengan kecepatan perubahan teknologi menjadi salah satu kunci sukses sebuah kawasan industri. Sehingga pengembangan konsep smart township bertaraf Internasional di Jababeka akan turut mendorong kemajuan kawasan di masa depan.

Memiliki Dimensi Lengkap

Smart Township Jababeka akan memiliki dimensi lengkap dalam menjawab berbagai tantangan kemajuan zaman. Smart Township Jababeka akan mempunyai 6 dimensi, yaitu Smart Government, Smart Economy, Smart Live, Smart Living, Smart People, dan Smart Mobility. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya. Dimensi pertama adalah Ekonomi pintar (inovasi dan persaingan). Dimensi ini akan menjawab kebutuhan inovasi. Semakin tinggi inovasi-inovasi baru yang ditingkatkan maka akan menambah peluang usaha baru dan meningkatkan persaingan pasar usaha/modal.

Mobilitas pintar (transportasi dan infrastruktur), pengelolaan infrastruktur kota yang dikembangkan di masa depan merupakan sebuah sistem pengelolaan terpadu dan diorientasikan untuk menjamin keberpihakan pada kepentingan publik.

Masyarakat pintar (kreativitas dan modal sosial), pembangunan senantiasa membutuhkan modal, baik modal ekonomi (economic capital), modal usaha (human capital), maupun modal sosial (social capital). Kemudahan akses modal dan pelatihan-pelatihan bagi UMKM dapat meningkatkan kemampuan keterampilan mereka dalam mengembangkan usahanya. Modal sosial termasuk elemen-elemen seperti kepercayaan, gotong-royong, toleransi, penghargaan, saling memberi dan saling menerima serta kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai mekanisme seperti meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kejahatan.

Lingkungan pintar (keberlanjutan dan sumber daya), lingkungan pintar itu berarti lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak, bagi masyarakat dan publik lingkungan yang bersih tertata, RTH yang stabil merupakan contoh dari penerapan lingkungan pintar.

Cerdas hidup (kualitas hidup dan kebudayaan), berbudaya berarti bahwa manusia memiliki kualitas hidup yang terukur (budaya). Kualitas hidup tersebut bersifat dinamis, dalam artian selalu berusaha memperbaiki dirinya sendiri. Pencapaian budaya pada manusia, secara langsung maupun tidak langsung merupakan hasil dari pendidikan. Maka kualitas pendidikan yang baik adalah jaminan atas kualitas budaya, dan atau budaya yang berkualitas merupakan hasil dari pendidikan yang berkualitas.

Destinasi Industri yang Diakui Dunia

Kota Jababeka selain berfokus pada pengembangan kawasan residensial, juga terbukti diakui dunia sebagai kawasan Indstri terbesar di Indonesia. Jababeka sendiri yang telah terbukti dan diakui dimata dunia sebagai destinasi industri terlengkap dan terbaik di Asia. Hal tersebut pun dibuktikan dengan 5 penghargaan berskala internasional dan nasional yang telah diperoleh di akhir tahun 2020 lalu seperti Best Industrial Estate Development dan Best Industrial Estate Developer tingkat Asia dan Indonesia yang diperoleh di Ajang Propertyguru Awards 2020 serta Penghargaan Industrial terbaik di ajang FIABCI Indonesia – REI Excellence Award 2020.

Penghargaan yang diterima ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kualitas pengembangan Kota Jababeka. Beragam fasilitas kota modern yang tidak hanya dapat menunjang kehidupan namun juga dapat menopang perkembangan bisnis dan industri di Kota Jababeka. Mulai dari pembangkit listrik mandiri yang, Waste Water Treatment Plant & Water Treatment Plant, Cikarang Dry Port, jaringan fiber Optic, dan masih banyak lainnya Untuk urusan infrastruktur, Kota Jababeka tidak perlu diragukan lagi, karena merupakan salah satu kota mandiri di koridor Timur Jakarta yang memiliki infrastruktur lengkap dimana seluruh moda transportasi akan berpusat di kota ini.

Pengembangan Kawasan Residensial berkonsep Transit Oriented Development

Dengan pengembangan untuk menciptakan kawasan industri Silicon Valley di Indonesia. Kota Jababeka juga fokus pada penciptaan kawasan resindensial yang terintegrasi moda transportasi praktis. Jababeka merupakan salah satu kawasan TOD (Transit Oriented Development) yang telah memenuhi aspek transportasi yang terdiri dari aspek konektivitas,pejalan kaki,jalur sepeda,angkutan umum hingga fasilitas parkir. Oleh karena itu BPTJ telah memberikan rekomendasi teknis sebagai kawasan TOD kepada Jababeka.

Melalui rekomendasi teknis pengmbangan TOD dan dukungan infrastruktur yang lengkap ditambah dengan konsep Transit Oriented Development semakin memudahkan akses transportasi di Jababeka Residence. Jenis hunian ini adalah hunian yang mengedepankan kemudahan akses pada fasilitas transportasi publik seperti stasiun, terminal, Light Railway Transit (LRT), dan jalan tol.

Konsep Transit Oriented Development (TOD) ini menyediakan konektivitas dan integrasi berbagai sarana transportasi yang lengkap. Ketersidaan akses transportasi yang terkoneksi ini membuat jaringan transportasi yang ada di kawasan Jababeka Residence terintegrasi dengan infrastruktur tarnsportasi di kawsan sekitarnya sehingga akses transportasi menjadi semakin praktis dan mudah.

Kesimpulan

Dengan mengedepankan inovasi dalam pengembangan kawasannya, kedepannya, selain pengembangan kota berbasis TOD , Kota Jababeka juga akan mengembangkan Silicon Valley Jababeka sebagai suatu ekosistem teknologi yang berkesinambungan.

Pengembangan Silicon Valley Jababeka akan menjadi wadah bagi para pelaku industri startup baik dari tanah air dan mancanegara yang didukung dengan universitas, laboratorium, investor, akselerator, inkubasi dan perusahaan lain. Dalam mewujudkan hal tersebut, Kota Jababeka telah memiliki sejumlah pengembangan dan inovasi berbasis teknologi, seperti layanan JFAST, JSmart,ICTEL, Apps YUKK, Jababeka Residence Apps, hingga yang terbaru yakni FABLAB Jababeka serta kerjasamanya dengan Hongkong Smart City Consortium.

Jababeka Smart Township concept bertujuan untuk menciptakan suatu kota yang layak huni yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya serta memajukan perekonomian. Diharapkan Jababeka Smart Township concept dapat memberikan solusi secara efisien dan efektif untuk menyelesaikan segala masalah perkotaan dengan pemanfaatan teknologi. Adapun pengembangannya akan meliputi  6 aspek utama yakni Smart Security, Smart Infra, Smart Citizen, Smart Environment, Smart Business & Innovation, serta Smart Mobility. (ADR).

ImgWaNow wa