BLOG Jababeka Residence

Blog

Jababeka Residence, Kota Mandiri Terbesar di Koridor Timur Jakarta

3/26/2021

Rumahbekasi.id, BekasiSiapapun pasti ingin memiliki rumah dan tinggal di kawasan terbaik dan unggul. Namun, tidak semua kawasan perumahan mampu memberikan kualitas terbaik kepada para penghuninya. Salah satu tolak ukur kualitas sebuah kawasan perumahan adalah konsistensi kepercayaan masyarakat terhadap kawasan tersebut.

Jababeka Residence merupakan pionir Kota Mandiri terbesar di Indonesia. Dikembangkan sejak tahun 1989, Jababeka Residence terus berkembang pesat di usianya yang 32 tahun ini. Pesatnya perkembangan kawasan Kota Mandiri Jababeka Residence tak lepas dari derasnya kepercayaan masyarakat kepada kawasan ini.

Kota mandiri bertaraf internasional ini berawal dari ide inovatif Setyono Djuandi Darmono yang merupakan Founder sekaligus Chairman Jababeka Group. Kala itu dirinya memiliki gagasan cemerlang untuk menciptakan seratus kota mandiri modern di Indonesia yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan serta kehidupan yang lebih baik, salah satunya Kota Jababeka.

Bermula dari pengembangan kawasan industri di Koridor Timur Jakarta, Jababeka terus berkembang dan meraih kepercayaan dari berbagai pelaku industri besar seperti Unilever, United Tractor, Loreal, Mattel, Lotte, Komatsu,Samsung, Nissin, Kraft, Astra Otopart, Kao, Kawan Lama dan lainnya. Hari ini Jababeka terus berbenah diri untuk menghadirkan kawasan Silicon Valley Indonesia dan menjadi salah satu motor penggerak ekonomi berbasis teknologi digital.

Pada sektor kawasan residensial, Jababeka Residence adalah kota mandiri yang terletak 40 menit dari pusat kota Jakarta dan menjadi pusat perekonomian Indonesia. Kota Jababeka hadir sebagai solusi destinasi hunian, bisnis dan investasi terbaik di koridor Timur Jakarta. Jababeka menghadirkan Wimbledon sebagai salah satu cluster terbaru yang dirilis dan memiliki luas lebih dari 34 Ha. Wimbledon menghadirkan hunian berkonsep Healthy Lifestyle yang lengkap dengan beragam fasilitas.

Melalui kepercayaan masyarakat yang tinggi, Jababeka Residence menghadirkan kawasan residensial dengan berbagai keunggulan lengkap di Koridor Timur Jakarta, Bekasi, dan Cikarang. Apa saja keunggulan Jababeka Residence? Simak selengkapnya di sini.

Jababeka Pengembang Terpopuler di Indonesia

Jababeka Residence sukses menjadi pengembang yang paling populer di berbagai media digital. Melalui sebuah riset eksposure media digital, Jababeka Residence menjadi pengembang yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna media digital. Riset dilakukan dalam rentang waktu satu tahun terakhir atau dimulai dari tanggal 01 Januari 2020 sampai dengan 31 Desember 2020, termasuk memanfaatkan media daring sebagai basis analisis. Penentuan pengembang properti paling populer dilakukan berdasarkan pergerakan ekspos di media daring, baik media sosial maupun portal media massa.

Menariknya, berdasarkan riset tersebut, yang kerap dibicarakan dan dikeluhkan warganet terkait para pengembang dan produknya adalah banjir. Sejumlah warganet juga sering mengeluhkan pemadaman listrik, keamanan yang rawan begal dan macet. Namun demikian, riset ini menyebut, sepanjang 2020, ekspos mengenai pengembang properti didominasi sentimen netral atau setara dengan 27.040 berita, sentimen positif sebanyak 20.790 berita dan negatif sebanyak 12.100 berita. Di antaranya Twitter sebesar 325.719 yang terbagi dalam cuitan, respons dan cuitan ulang, serta 10.999 data yang berasal dari Instagram. Selanjutnya, 2.269 unggahan video Youtube, dan 29 konten Facebook. Jababeka sukses menjadi pengembang terpopuler di media digital dengan 35.126 ekspos.

Pengembangan Sentra Industri Silicon Valley

Jababeka Residence terus mengembangkan kawasan Kota Mandiri kearah industri digital. Silicon Valley merupakan sebuah kawasan di Amerika Serikat. Silicon Valley adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dll. Untuk menghadirkan Silicon Valley Indonesia, Jababeka Residence telah melakukan berbagai Kerjasama dengan berbagai perusahaan teknologi dunia.

Kota Jababeka akan mengembangkan Silicon Valley Jababeka sebagai suatu ekosistem teknologi yang berkesinambungan. Silicon Valley Jababeka akan menjadi wadah bagi para pelaku industri startup baik dari tanah air dan mancanegara yang didukung dengan universitas, laboratorium, investor, akselerator, inkubasi dan perusahaan lain. Dalam mewujudkan hal tersebut, Kota Jababeka telah memiliki sejumlah pengembangan dan inovasi berbasis teknologi, seperti layanan JFAST, JSmart,ICTEL, Apps YUKK, Jababeka Residence Apps, hingga yang terbaru yakni FABLAB Jababeka serta kerjasamanya dengan Hongkong Smart City Consortium.

Visi Smart City Kota Jababeka

Selain berkembang ke arah industri Digital, Kota Jababeka juga tengah berbenah untuk menjadi smart city dengan mengedepankan penggunaan teknologi digital dalam pelayanan publik. Untuk itu, PT. Jababeka Tbk menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan Smart City dan Urban Development dengan Hong Kong Smart City Consortium. Konsorsium ini adalah konsorsium pembiayaan bersama untuk pengembangan infrastruktur kota yang telah terbukti pengalamannya dalam mentransformasi Kota-kota di Hongkong.

Kerja sama tersebut merupakan salah satu wujud nyata dari Jababeka dalam membangun dan mengembangkan Smart City di Indonesia. Berawal dari pusat kawasan industri terbesar di Indonesia, kini Kota Jababeka telah bertransformasi menjadi kota mandiri dengan dukungan beragam infrastruktur dan fasilitas kelas dunia. Pengembangan Smart City ini akan berfokus pada pengembangan Smart Mobility , Smart Security, Smart Energy & environmental Technologies dan Smart Information & Communication Technologies (ICT) yang telah menjadi keahlian dari Smart City Consortium (SCC).

Infrastruktur Kota Super Lengkap

Jababeka Residence berlokasi di timur Jakarta yang dikenal memiliki banyak sekali infrastruktur maju. Kawasan ini sudah memiliki akses transportasi lengkap seperti Commuter Line, Light Railway Transit (LRT), Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), dan lain sebagainya. Dengan luas kawasan 34 Hektar, Jababeka Residence memiliki akses yang sangat mudah dan praktis ke berbagai infrastruktur tersebut.

Jababeka Residence hanya berjarak 800 meter saja ke Stasiun Commuter Line Lemah Abang, terkoneksi langsung dengan lintas utama Jababeka menuju Pantura, hanya 6 menit menuju Exit Tol Km 34,7 dan Stasiun LRT. Dengan koneksi dan akses yang sangat mudah tersebut, lokasi Jababeka menjadi sangat strategis dan memudahkan transportasi Anda.

Pengembangan Kawasan Residensial Transit Oriented Development (TOD).

Dukungan infrastruktur yang lengkap ditambah dengan konsep Transit Oriented Development semakin memudahkan akses transportasi di Jababeka Residence. Jenis hunian ini adalah hunian yang mengedepankan kemudahan akses pada fasilitas transportasi publik seperti stasiun, terminal, Light Railway Transit (LRT), dan jalan tol.

Untuk mewujudkan Kota Jababeka sebagai Kota Transit Oriented Development, Jabaeka telah meluncurkan JR Connexion di Hollywood Junction. Jabodetabek Residence Connexion (JR Conn) merupakan layanan angkutan umum massal berbasis bus point to point yang didorong  oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)  Kementerian Perhubungan sejak tahun 2017, untuk dikembangkan para developer sebagai alternatif angkutan umum massal di semua kawasan pengembang di Jabodetabek. Konsep JR Connexion yang mendekati pemukiman diharapkan akan mendorong warga di pemukiman tersebut untuk memilih menggunakan angkutan umum massal daripada kendaraan pribadi.

Konsep Transit Oriented Development (TOD) ini menyediakan konektivitas dan integrasi berbagai sarana transportasi yang lengkap. Ketersidaan akses transportasi yang terkoneksi ini membuat jaringan transportasi yang ada di kawasan Jababeka Residence terintegrasi dengan infrastruktur tarnsportasi di kawsan sekitarnya sehingga akses transportasi menjadi semakin praktis dan mudah.

Utilitas dan Fasiltas Perumahan Lengkap

Selain lokasinya yang sangat strategis, fasilitas, Jababeka Residence juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas skala kota. Berbagai fasilitas mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan hingga pusat olahraga tersedia lengkap di Jababeka Residence. Jababeka memiliki akses langsung ke President University, Rumah Sakit Metro Cikarang, Fasilitas Sports Golf Aecom dan berbagai fasilitas lainnya.

Kehadiran fasilitas dengan akses langsung ini akan memudahkan penghuni untuk menikmati beragam kemudahan yang tersedia dari berbagai fasilitas tersebut. Jababeka Residence merupakan salah satu kawasan perumahan dengan fasilitas terlengkap di timur Jakarta.

Pengembangan Mega Cluster di Kota Mandiri dan Industri

Jababeka Residence menjadi salah satu kawasan Kota Mandiri dan Industri yang terus berkembang pesat. Untuk Industri yang dikembangkan ke arah digital, kawasan residensial Jababeka Resience akan dikembangkan dengan pendekatan mega cluster. Clsuter Wimbeldon Jababeka Residence dibangun seluas 34 Hektar menjadikan Cluster Wimbeldon sebagai megacluster yang ada di kawasan perumahan Jababeka Residence. Wimbledon menghadirkan hunian berkonsep Healthy Lifestyle yang lengkap dengan beragam fasilitas.

Megacluster Wimbeldon menghadirkan lingkungan yang tertata rapi dan asri sehingga menambah kenyamanan penghuni yang tinggal di Cluster Wimbeldon Jababeka Residence. Selain itu konsep pengembangan megacluster Healthy Lifestyle menjadikan cluster ini sebagai cluster ideal bagi Anda yang menginginkan kehidupan lebih sehat. (ADR).

ImgWaNow wa
up