Tips Cek Kondisi Unit Sebelum Akad Serah Terima Rumah Kedua di Bekasi

Diposting pada 06 February 2023

Serah terima rumah – Beli rumah baru memang menguntungkan dan bikin bahagia. Apalagi bisa beli rumah kedua tentu lebih menguntungkan. 

Beli rumah kedua ini cocok sebagai media investasi properti dalam jangka panjang. Lokasinya bisa di Bekasi yang secara ekonomi berkembang dan didukung oleh banyak industri. Terutama lokasinya dekat pabrik. 

Jadi unit rumah kedua bisa disewakan kepada karyawan pabrik. Setahun tarif sewa reratanya Rp 20 juta. Alhasil tinggal duduk manis di rumah sudah dapat Rp 20 juta.

Selain disewakan, unit rumah nilai ekonominya akan tumbuh seiring dengan bertambahnya waktu. Misalnya sekarang beli rumah kedua di Bekasi Rp 500 juta maka 10 tahun lagi nilai jualnya bisa tembus Rp 700 juta. Alhasil margin keuntungan yang didapat Rp 200 juta. 

Dari pada dana disimpan di perbankan yang kelak digerus inflasi, sebaiknya ada dana yang dialokasikan untuk beli rumah kedua sebagai aset investasi properti.  Toh tidak ada ruginya investasi properti. Wujud investasinya real dan risikonya juga kecil.

Namun yang perlu diperhatikan adalah lokasi unit rumah harus strategis dan dikembangkan oleh developer terpercaya. Sehingga kualitas unit rumah bagus dan berumur panjang. 

Pastikan juga pas serah terima unit rumah dari developer, bangunan rumah dalam keadaan yang baik. Tidak ada yang kurang. Jadi cek dulu bagian rumah sebelum melakukan akad serah terima rumah Bekasi. Jika ada yang kurang maka bisa menyampaikan komplain kepada pengembang.

Berikut tips cek hunian sebelum akad serah terima rumah kedua di Bekasi

Supaya cek rumah sebelum akad serah terima dengan developer berjalan dengan lancar maka ajak kawan atau saudara yang tahu dengan konstruksi bangunan serta perkakasanya.  Supaya cek kondisi rumah lebih detail. 

Berikut tips lengkap cek rumah kedua di Bekasi sebelum akad serah terima, simak selengkapnya:

Cek saluran air dan yang terkait

Air merupakan sumber kehidupan keluarga. Aktivitas mandi, mencuci, dan lainnya membutuhkan air. Oleh karena itu, hal yang harus dicek adalah saluran air. 

Pastikan sumber air baik itu sumur bor atau PDAM lancar, caranya dengan membuka keran yang ada di beberapa bagian rumah. Jika ada yang tidak mengalir maka segera komplain ke developer supaya cepat dibenahi. 

Kemudian periksa kloset, pastikan kloset berfungsi normal. Pembuangan air berjalan lancar dan tidak ada genangan. 

Cek dinding dan lantai rumah

Bagian yang berdampak pada tampilan interior rumah adalah dinding, lantai, hingga plafon. Pastikan struktur lantai rata dan tidak miring. Kemudian periksa bagian dindingnya apakah ada yang retak atau berlubang. Jika ada yang  retak maka segera komplain sebelum akad serah terima diteken.

Cek sistem listrik rumah

Kemudian cek juga sistem kelistrikan semua bagian unit rumah. Seperti meteran listrik, colokan, dan kabel.

Jika ada kabel yang kulitnya mengelupas maka segera komplain. Pastikan membawa taspen untuk menguji aliran listrik rumah yang hendak dihuni. 

Tiga tips cek hunian baru sebelum akad serah terima rumah kedua di Bekasi ini bisa dipraktikkan sekarang juga. Untuk pembelian dan survei unit rumah terbaik di  Bekasi segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

Another Prestigious Project by rumahbekasi.id

ImgWaNow