Tips Beli Rumah Baru di Bekasi yang Anti Rugi

Diposting pada 12 August 2022

Rumah Baru di Bekasi - Beli rumah baru di Bekasi merupakan impian banyak orang. Bekasi merupakan wilayah penyangga ibu kota yang ekonominya berkembang. 

Banyak sekali pabrik dan industri yang tumbuh dan berkembang di Bekasi, sehingga banyak lowongan kerja di Bekasi. 

Bahkan banyak orang yang merantau ke Bekasi, dengan harapan bisa dapat kerja dengan imbalan atau gaji yang tinggi. 

Kemudian soal infrastruktur Bekasi juga bagus dan lengkap. Layanan transportasi seperti stasiun KRL terhubung dengan wilayah di sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok. 

Pusat hiburan dan perbelanjaan juga banyak. Jadi tinggal di Bekasi dan beli rumah di Bekasi adalah pilihan yang sangat tepat.

Tips Beli Rumah Baru di Bekasi 

Buat Anda yang hendak beli rumah di Bekasi, lebih baik beli rumah baru. Unit rumah  baru lebih menguntungkan dibanding rumah second atau bekas.

Unit rumah baru didukung oleh material bangunan yang sama-sama baru. Mulai dari plafon, jendela, kusen, pintu, dan lainnya masih baru. 

Alhasil Anda tidak perlu lagi merenovasi rumah. Tinggal beli perabotan dan pasang dengan rapi, maka unit rumah baru bisa jadi hunian yang nyaman dan menyenangkan. 

Nah, berikut tips beli rumah di Bekasi yang anti rugi. Yuk simak dan praktikkan.

Cek Legalitas Rumah 

Beli rumah di Bekasi di kawasan perumahan yang dikembangkan developer atau unit rumah pribadi harus hati-hati. 

Salah satu hal yang wajib dicek adalah legalitas unit rumah. Seperti sertifikat hak milik (SHM) dan surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Kedua legalitas tersebut harus Anda cek kebenarannya. Mulai dari mencocokkan nama di KTP penjual dengan nama di SHM. Kemudian, cek legalitas pembangunan kawasan perumahan dengan cek IMB. 

Jika unit rumah yang hendak dibeli tidak lengkap legalitasnya, sebaiknya jangan teruskan pembelian. Buruknya di masa depan, malah muncul konflik yang merugikan atau lahan rumah kelak digugat oleh pihak lain.

Cek Lingkungan Rumah

Hal penting lain yang wajib dicek adalah lingkungan rumah. Pastikan lingkungan rumah bagus dan suasananya positif. 

Jangan beli unit rumah yang lokasinya dekat dengan jurang. Kemudian dekat dengan kuburan, serta sungai. 

Ketika dekat dengan jurang, maka unit rumah bisa terkena risiko tanah longsor. Alhasil, unit rumah bisa hancur dan mengalami kerugian yang besar. 

Nah saat dekat dengan makam, maka unit rumah bakal punya suasana yang negatif. Tidak enak untuk ditinggali, sehingga bikin keluarga tidak betah. 

Kemudian menjauhi sungai, karena suatu saat air sungai bisa meluap sehingga terjadi bencana banjir. Hal itu tentu bikin rumah jadi tidak nyaman dan rugi besar.

Cek Sumber Air Rumah

Sampai saat ini ada dua sumber air rumah. Ada yang bersumber dari sumur, kemudian dari PDAM.

Kebutuhan air rumah masuk kategori kebutuhan primer. Pasalnya segala aktivitas di dalam rumah mayoritas menggunakan air, misalnya untuk mandi, mencuci pakaian, menyiram taman, mencuci peralatan dapur, dan masih banyak lainnya.

Nah karena air merupakan kebutuhan primer, pastikan cek sumber air rumah baru. Pastikan pula sumber air lancar dan bersih.

Jangan sampai Anda sudah beli unit rumah di Bekasi dan ternyata sumber airnya kotor atau tidak lancar. Tentu Anda akan rugi besar. 

Nah tips di atas bisa Anda praktikkan saat beli rumah baru di Bekasi. Untuk pilihan unit rumah yang bagus dan aman, silahkan kunjungi situs rumah-bekasi. Anda juga bisa membeli unit rumah baru dengan menghubungi kami. (AS)

Another Prestigious Project by rumahbekasi.id

ImgWaNow