Tips Beli Perabotan Rumah Baru yang Hemat Anggaran 

Diposting pada 23 January 2023

Perabotan Rumah – Pasca beli rumah baru tentu harus belanja banyak perabotan. Mulai dari perabotan untuk dapur, sofa untuk ruang tamu dan ruang keluarga, lemari pakaian, hingga lemari di ruang keluarga.

Memang ada rumah yang sifatnya sudah ada perabotannya, pasca beli tinggal menempati. Perabotan sudah ada semua. Mulai dari meja makan hingga sofa di ruang tamu. Akan tetapi harga rumah yang sudah lengkap perabotannya ini biasanya lebih mahal. 

Alhasil buat yang beli rumah baru kosongan tanpa perabotan, sebelum menghuni rumah harus menyiapkan anggaran lagi untuk beli perabotan. Sehingga semua aktivitas di dalam rumah berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum menghuni rumah baru harus menghitung dengan detail jumlah anggaran untuk beli perabotan. Jangn pas pindah rumah baru mikir anggaran, pasti kedodoran. 

Harus dipetakan mana saja perabotan yang sudah dimiliki dan tinggal dipindah ke rumah baru. Kemudian dipetakan pula perabotan rumah yang belum dimiliki. 

Dengan cara klasifikasi seperti ini maka bisa dipetakan mana perabotan yang harus lebih dulu dibeli dan mana yang bisa ditunda pembeliannya.  Alhasil proses pembelian perabotan untuk rumah baru bisa lebih tertata. 

Misalnya kebutuhan lemari untuk menyimpan pakaian termasuk yang primer. Namun ternyata lemari lama sudah rusak dan keropos. Alhasil lemari menjadi perabotan prioritas yang wajib dibeli supaya pas pindah rumah baru pakaian keluarga tidak berantakan. 

Nah buat yang bajetnya untuk beli perabotan rumah ternyata terbatas, sebaiknya beli perabotan rumah secara bertahap. Jangan sekali waktu langsung membeli semua perabotan rumah.

Supaya dapat perabotan yang lebih murah, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan berikut ini:

Jangan beli perabotan rumah secara kredit

Beli rumah sudah kredit, beli perabotan rumah jangan sampai kredit. Apalagi untuk hal-hal sepele seperti peralatan dan perlengkapan dapur. 

Jika belum ada dana sebaiknya jangan beli dulu. Hindari beli perabotan secara kredit karena harganya akan membengkak. 

Anda harus mengembalikan pokok dan bunganya. Alhasil biaya untuk beli perabotan rumah akhirnya membengkak. Memang awalnya cuma modal uang muka dapat perabotan, akan tetapi dalam jangka panjang harus bayar cicilan pokok dan bunganya. 

Setiap bulan harus menyiapkan dana untuk membayar cicilan. Apalagi barang yang dibeli dengan kredit ternyata banyak sehingga beban bayar cicilan jadi lebih besar. 

Alhasil dari pada membayar uang lebih, mending beli perabotan secara cash saja. Toh kadang ada diskonan juga.

Manfaatkan momen diskonanan

Untuk perabotan rumah yang tidak masuk daftar prioritas maka bisa ditunda pembeliannya. Supaya dapat harga yang lebih murah pastikan membeli perabotan di waktu yang tepat. 

Momen diskonan akhir tahun bisa jadi waktu yang tepat untuk membeli perabotan rumah sehingga dapat diskon besar.  Momen akhir tahun juga banyak toko yang menawarkan event cuci gudang.

Nah event cuci gudang ini adalah waktu yang tepat buat beli perabotan. Alhasil menghemat pengeluaran rumah tangga.

Membeli perabotan bekas yang masih bagus

Sebelum pindahan ke rumah baru, catat perabotan yang belum dimiliki. Setelah dicatat langsung pergi ke toko perabotan untuk menebusnya.

Nah jika ingin hemat, sebaiknya beli perabotan bekas. Harga perabotan bekas ini lebih miring alias murah. Tentu harus hati-hati membeli perabotan bekas, pastikan pilih yang masih bagus dan layak pakai. 

Toh di pasar loak segala perabotan rumah tangga mudah dijumpai. Nah buat Anda yang ingin beli rumah baru segera hubungi agen properti digital Prime360. (AS)

ImgWaNow