Mengenal Biaya Hidup di Bekasi: Informasi Penting untuk Menentukan Anggaran Hidup Anda

Diposting pada 23 March 2023

Rumah Bekasi - Bekasi adalah kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Sebagai kota yang cukup padat penduduknya, tentunya biaya hidup di Bekasi tidak jauh berbeda dengan kebutuhan hidup di Jakarta.

Jika Anda baru saja pindah ke Bekasi atau berencana untuk pindah ke Bekasi, maka informasi tentang biaya hidup di Bekasi sangatlah penting untuk membantu Anda menentukan anggaran hidup Anda.

Sebelum Pindak ke Bekasi, Berikut Rincian Biaya Hidup di Bekasi Untuk Pertimbangan Bagi Anda

Transportasi

Untuk biaya transportasi di Bekasi, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api. Biaya bus di Bekasi berkisar antara Rp2.000 - Rp10.000 tergantung jarak dan tipe bus yang Anda gunakan.

Sedangkan biaya kereta api di Bekasi berkisar antara Rp2.000 - Rp20.000 tergantung jarak dan tipe kereta yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin lebih nyaman dan fleksibel, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek online yang harganya berkisar antara Rp10.000 - Rp30.000 tergantung jarak yang Anda tempuh.

Akomodasi

Untuk biaya akomodasi di Bekasi, Anda bisa memilih antara menyewa rumah atau apartemen. Biaya sewa rumah di Bekasi berkisar antara Rp4 juta - Rp20 juta per tahun tergantung lokasi dan ukuran rumah.

Sedangkan biaya sewa apartemen di Bekasi berkisar antara Rp12 juta - Rp60 juta per tahun tergantung lokasi dan fasilitas yang disediakan.

Jika Anda ingin hemat, Anda juga bisa mencari kos-kosan dengan biaya sekitar Rp1 juta - Rp3 juta per bulan tergantung fasilitas dan lokasi kos-kosan.

Makanan dan Minuman

Untuk biaya makanan dan minuman di Bekasi, Anda bisa menemukan banyak pilihan dengan harga yang bervariasi. Untuk makanan tradisional, harga satu porsi nasi uduk di Bekasi berkisar antara Rp10.000 - Rp20.000.

Sedangkan untuk makanan modern seperti pizza atau burger, harga satu porsi bisa mencapai Rp50.000 - Rp100.000. Untuk minuman, harga segelas jus atau kopi di Bekasi berkisar antara Rp10.000 - Rp30.000 tergantung tempat yang Anda kunjungi.

Pendidikan

Untuk biaya pendidikan di Bekasi, Anda bisa memilih antara sekolah negeri atau swasta. Biaya pendidikan di sekolah negeri umumnya lebih murah dibandingkan dengan sekolah swasta.

Namun, biaya pendidikan di sekolah swasta tentunya lebih berkualitas dan lebih mahal. Biaya pendidikan di sekolah negeri di Bekasi berkisar antara Rp3 juta - Rp10 juta per tahun tergantung jenjang dan lokasi sekolah.

Sedangkan biaya pendidikan di sekolah swasta di Bekasi berkisar antara Rp20 juta - Rp50 juta per tahun tergantung jenjang.

Hiburan

Biaya hiburan bervariasi tergantung gaya hidup tiap individu. Untuk menonton film di bioskop, diperlukan biaya sekitar Rp100.000 - Rp200.000 per kali. Jika menonton film seminggu sekali, maka biaya hiburan selama sebulan adalah sekitar Rp800.000.

Biaya Utilitas

Untuk biaya listrik, kamu dapat menyesuaikan anggaran dengan ketentuan pemerintah, golongan, dan perkiraan penggunaan.

Sejak 1 Juli 2022, pemerintah menaikkan tarif listrik untuk golongan 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas (R2 dan R3) dan golongan pemerintah (P1, P2 dan P3).

Perkiraan biaya listrik untuk rumah dengan daya 3.500 VA - 5.500 VA adalah sekitar Rp1.699,53 per kWh. Sedangkan untuk pelanggan dengan daya di atas 200 kVA, tarifnya adalah Rp1.522,88 per kWh.

Demikianlah rincian dan perkiraan pengeluaran untuk biaya hidup di Bekasi. Jika Anda berencana tinggal di kota ini, rincian di atas dapat digunakan sebagai referensi untuk persiapan Anda. (MSH)

Another Prestigious Project by rumahbekasi.id

ImgWaNow