Baru Pertama Kali Beli Rumah? Jangan Khawatir, Ini Dia Tipsnya!

Diposting pada 21 July 2021

Rumahbekasi.id, Bekasi – Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, terlebih jika Anda merupakan pasangan baru menikah dan baru pertama kali membeli rumah sebagai tempat tinggal bersama pasangan. Rasa gugup sudah pasti ada karena ini pertama kalinya Anda beli rumah. Apalagi saat ini di Bekasi juga tengah bermunculan perumahan-perumahan modern yang bisa dijadikan opsi hunian.

Sebagai solusinya, Rumah Bekasi memberikan tips-tips mudah untuk Anda yang baru pertama kali membeli rumah, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ataupun gugup lagi.

Perhatikan kebutuhan

Tips yang paling utama ketika mencari tempat tinggal yaitu Anda perlu memperhatikan kebutuhan bersama keluarga mengenai jumlah ruangan, luas bangunan, fitur-fitur yang dibutuhkan, serta fasilitas dalam rumah maupun di lingkungan hunian yang kira-kira menjawab kebutuhan Anda dan dapat mempermudah aktivitas Anda selama tinggal dalam hunian.

Jika sudah menemukan kebutuhannya, Anda bisa menjadikannya sebagai acuan untuk memilih hunian, sehingga Anda akan lebih mudah menyesuaikan dan memilih rumah ideal.

Perhatikan lingkungan sekitar

Tips membeli rumah di Bekasi yang paling utama yaitu Anda perlu melihat dan mencari tahu lebih dalam mengenai lingkungan perumahan yang Anda inginkan. Pastikan daerah hunian yang dipilih merupakan kawasan aman dan sehat yang bebas dari banjir maupun tindakan kriminal. Hal ini agar Anda bisa merasakan kenyamanan lebih optimal selama tinggal di rumah yang akan Anda huni dalam waktu lama.

Perhatikan spesifikasi bangunan

Kebanyakan orang memilih untuk menyepelekan spesifikasi dan bahan-bahan material yang digunakan untuk membangun rumah, padahal hal ini merupakan faktor penting yang wajib Anda ketahui agar Anda bisa menentukan keawetan hunian. Untuk itu, Anda perlu tahu beberapa hal mengenai spesifikasi bangunan berikut ini:

  • Rumah dengan dinding batu bata lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan batako.
  • Lantai dengan beton lebih awet dibandingkan lantai yang disemen biasa.
  • Kerangka atap baja ringan lebih disarankan dibanding kuda-kuda kayu.

Perhatikan kesehatan rumah

Rumah yang nyaman dihuni yaitu rumah yang memberikan keamanan dan menunjang kesehatan Anda dan keluarga. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan pengolahan limbah dan sistem drainase pada rumah, jumlah ventilasi udara agar sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa masuk lebih mudah, serta lingkungan sekitar yang kebersihannya terjaga dan jauh dari lingkungan kumuh.

Pilih pembayaran yang sesuai

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk membeli hunian yaitu dengan menggunakan sistem KPR (Kredit Pembelian Rumah). Meskipun begitu, membeli rumah dengan sistem ini juga perlu pertimbangan matang, karena Anda harus memperhatikan angsuran KPR antar bank, tingkat dan jenis bunga, serta kebijakan lainnya dari bank.

Pilihlah pembayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda agar membeli rumah jadi lebih ringan dan mudah.

Itu dia tips mudah mencari rumah ideal untuk Anda yang baru pertama kali beli rumah. Selalu pastikan hunian yang akan Anda tinggali merupakan hunian yang nyaman dan aman sehingga ideal untuk dihuni bersama keluarga, serta berada di kawasan yang mudah dijangkau oleh transportasi umum maupun transportasi pribadi dengan fasilitas-fasilitas umum yang mengelilingi perumahan.

Rumah Bekasi juga punya rekomendasi hunian dengan harga terjangkau yang bisa jadi referensi Anda, yaitu Grand Mahkota 2, Victoria Metroland, Grand Duta City, Prima Harapan Regency, dan Jababeka Residence. (DRZ)

Another Prestigious Project by rumahbekasi.id

ImgWaNow